Kanker otak stadium awal

Sebut saja dia anita. First impression gw ketika bertemu dengan dia: baik dan pintar. Seiring berjalannya waktu rasa itu mulai berubah. Gw mulai merasa klo dia adalah orang yang sombong dan sok pintar, selalu saja mengatakan klo orang lain salah dan hanya dia yang benar, Selalu saja berbicara dengan menggunakan kata-kata yang tak lazim digunakan sehingga gw pun kelihatan sangat bodoh dan selalu memberikan pertanyaan yang menjatuhkan dan gak bisa ke jawab kalau gw atau teman yang lain sedang mendapatkan giliran presentasi.Mulai saat itu gw gak respect lagi dengan dia. Apapun yang dia lakukan gw gak peduli. Bukan hanya gw, ternyata teman-teman gw yang lain juga merasakan hal yang sama dengan yang gw rasain. Alhasil, anita pun gak punya yang namanya “the real friend” di kelas gw. Selain itu, anita juga sangat malas untuk masuk kuliah dan tugas-tugasnya berantakan. Gw dan teman-teman yang lain sudah berkali-kali memperingati dirinya tapi percuma. Berkali-kali pula anita mendapatkan surat peringatan dari rektorat. Tapi anita tetap saja seperti itu. Gw berpikir “mungkin karena dia juga udah punya kerjaan jadi dia gak konsen lagi dengan perkuliahannya, masa bodoh lah. Gw kan udah berusha untuk memperingatkan tapi gak didengerin”. Setiap akhir semester, diantara teman-teman kuliah gw yang cewek hanya dia orang yang paling sibuk ngurusin nilainya. Dialah teman kuliah gw yang selalu berurusan dengan yang namanya dosen. Gak ada yang namanya rasa kasihan yang muncul dalam hati gw karena menurut gw itu adalah konsekuensi dari sikap yang anita lakukan. Gak Cuma gw tapi teman gw yang lain juga seperti ituhh. Gw dan teman-teman gw beropini “klo anita ajah gak pusing dengan dirinya kenapa kita yang notabennya orang laen harus memusingkan diri dengan urusannya”. 3 semester hal ini terus berlanjut. Kamipun menjadi sangat sangat geraam dengan tingkah lakunya yang semakin hari semaakin menjengkelkan. Anita bersikap seolah-olah mengenal semua orang yang ada di kampus, seolah-olah dia sangat populer dan mempunyai banyak teman. Dia seperti ingin memperlihatkan kepada gw dan teman yang lain bahwa dia gak butuh teman seperti kami karena masih banyak teman-nya yang lain diluar sana. Tingkah lakunya itu semakiin membuat gw dan teman yang lain makin membuat jarak dengan dirinya. Anita terpisah dari kami. Bahkan saat anita gak masuk kuliah 3 hari pun kami gak pernah mencarinya. Kalau gw dulu, gak masuk 3 hari udah banyak yang smsin gw untuk mengetahui kabar gw. Gak masuk seminggu, teman gw satu kelas dateng ngejengukin. Tapi anita, dua minggu gak masuk pun gak bakalan dicari. Bahkan saat ada kabar anita masuk rumah sakitpun kami sama sekali gak tergoyah untuk datang menjenguknya. Dia mau dateng atau gak,that’s not our business. Bahkan karena kita merasa selalu dijahatin ma dia jadinya kalau ada tugas gak satupun dari kami yang akan menolongnya. Ini namanya penganiayaan massal..hehehehh!!

 
 

Sekarang udah semester 4, tingkah lakunya masih saja seperti itu. Gak masuk kuliah dan tugas-tugas berantakan. Saat ini udah seminggu dia gak masuk kuliah dan seperti kemarin-kemarin tak satupun dari kami yang mencoba menjenguknya. Baru-baru ini gw mendengar kabar dari teman sekelas gw katanya “anita nelepon gw”. “Owwhh….terus” balas gw gak tertarik. “dia memberi tahu gw sesuatu hal yang seharusnya gw gak memberitahukan kepada teman-teman yang laen” katanya dengan raut wajah dan nada yang seriuz. “eehhmmm…apa?” balas gw masih gak tertarik. “dari dulu teman kita ini menderita suatu penyakit” katanya pendek. “penyakit?” balas gw mulai tertarik. “dia malu kalau-kalau teman yang lain tahu dengan keadaannya sekarang” katanya seriuz. “malu? Emang penyaakit apa sih?” tanya gw semakin penasaran. “kanker otak stadium awal” katanya pelan. Gw terdiam dan mencoba mencerna kalimat yang diucapkan oleh teman gw “KANKER OTAK!!”. Suasana hening, gw langsung menatap teman gw dengan wajah heran tak percaya. “seriuz?” kata gw masih gak percaya. “seriuz! Sekarang dia berobat ke luar kota”. “hhhUUfffhhh……..” bunyi tiupan nafasku. Gw seperti dilemparkan sebuah kertas yang berisi sebuah jawaban dari seribu pertanyaan gw. Gw seperti disiramkan air yang menyadarkan gw dari tidur panjang gw. Gw terdiam membatu, gak tau harus ngapain. Yang gw rasakan adalah rasa bersalah yang sangat besar yang muncul dari dalam hati gw. Rasa gak percaya dengan apa yang telah gw lakukan terhadap orang yang menderita penyakit “kanker otak”. Sekarang gw tahu, gw tahu alasan kenapa anita gak ke kampus, gw tahu alasan kenapa anita gak ngerjain tugas dan gw tahu alasan kenapa anita bolak balik masuk rumah sakit. Serasa gw ingin memeluk dirinya dan mengucapkan beribu kata maaf. Maafin gw yang telah menilai lo tanpa melihat diri lo seutuhnya. Maafin gw karena menghakimi tindakan yang lo lakukan. Maafin gw karena gak cepat menyadari arti dari semua sikap lo. Maafin gw untuk semua kesalahan yang gak gw sadari. Maafin gw, maafin gw, maafin gw,,,,,betapa hebatnya anita yang masih bisa menjalani hidupnya dengan sempurna padahal hidupnya tak sesempurna yang orang lain pikirkan.

 
 

Sekarang, gw dan teman-teman hanya bissa mendoakan agar pengobatan yang anita lakukan berhasil dan bisa kembali berkumpul bersama kami lagi. Amin……

 
 

Tulisan ini gw didekasikan buat teman gw yang selama ini menderita penyakit yaitu kanker otak . Gw gak akan menyebutkan nama aslinya karena ini adalah daerah privasi-nya. Mungkin gw gak bisa berbuat banyak untuk dia tapi semoga tulisan gw ini dapat menyadarkan kalian yang ngebaca untuk tidak bersikap seperti gw dan teman-teman gw.

 
 

 
 

53 thoughts on “Kanker otak stadium awal

  1. Q turuT pRIhatiN dan turt do’ain smoGa leks sembh,keluarg x dberi kesbran. Ni cobaan bwt dia dr ALLAH yg artix dia disayang ma ALLAH.
    MASSUMANGE’Q NDI’ AJA TAMARENNU NASABA’ ya maneng RI LINOE PUnNA NA PUANGNGE…

    • jng kyk gt lo..

      emangy lo bcr smpurnah ?

      ddunia in g ad yg sempurnah…

      klw sanday y lo yg mnderita skt it gmn?

      blm tntu ad yg jenguk lo kn,

      jd hti2 dg omongan lo…..

  2. GW IKUT PERIHATIN DG TMN LO……….
    KARENA GW JG PNDERITA KANGKER OTAK STADIUM AWAL,

    TP,GW G PERNAH AD TMN YG PERHATIAN …
    JGNKN IT KSH SYG ORG TUA AJ G AD…..

    JD Q MERASA G AD GNAYA LG……

    • w bisa ngerasain pa yg u yang rasa, w juga ngerasain itu, smua teman ninggalin w disni, orang yg w harapin juga gk ngerti, w emang sengaja buat gitu biar dia gk sedih bgt….ntinya….biar w aja yg tw tentang smuana n menanggungnya walau sesungguhnya w butuh bgt dukungan
      jangan menyerah y fren, w yakin ortu u sayang ma lo…hidup u berarti….percayalah…buka mata lo n liat banyak orang yg sebenarnya sayang ma lo

  3. thanks buat yg menulis artikel di atas…….
    karna itu menbuat gw sadar , law gw gx boleh menghakimi teman2 gw,sebelum gw tau penyebab dri kesalahan yg dia perbuat ke gw….

  4. terkadang kita sering menyalahkan perubahan sikap seseorang tanpa menyadari dan bertanya apa penyebabya…
    yang kita tw dia itu berubah dan sering buat jengkel…
    padahal dia kayak gitu berusaha untuk menghindar n gk mw buat orang lain sedih…
    tapi apa..yang ada malah tekanan yg dia dapat dari sekelilingnya..
    merasa sendiri dalam beban yang dia pikul, bahkan orang yang disayanginya juga gk peduli n seperti tak mengenalnya….
    padahal dia melakukan itu karena sangat menyanyangi n mencintainya…
    mengapa???????

    • yah.. namanya manusia, tidak sempurna dan tidak luput dari kesalahan.. ada hal yang baik menurut satu orang tetapi menurut orang lain hal itu buruk.. ambil positifnya saja dari semua kejadian ini :D

  5. walaupun saya belum mengenal, tp saya bisa merasakanx. perasaan sedih saat membaca tulisan datas.
    Moga teman anda berhasil dalam pengobatan n lekas sembuh.
    Amin…

  6. Wow.. gw yakin sosok anita ini pasti tegar bgt deh.. (sok tw gtu gw…)
    apapun itu,, salut gw sama anita… dia ga pernah minta belas kasih dri teman2nya. bahkan anda sendiri.. Smoga anita lancar dalam pengobatanya dan bisa kmbali seperti biasanya… Amiinnn…

    Sukses ya brooo..

  7. Anita sangat kuat, tapi pasti dia akan lebih kuat lagi bila kalian semua disisinya bersama-sama mengangkat beban yang dia pikul, memotivasi dia agar dia selalu kuat dan tabah, yah kita ga boleh mensimpulkan sesuatu terlalu cepat, itulah kenapa ketulusan itu harus ada, ada untuk tidak angkuh bertanya, ada tuk tidak gengsi tuk menyapa, dan ada tuk berani mengakui kesalahan yang kita buat, tapi setidaknya ak salut ama kamu setidaknya kamu tidak terlambat tuk menyadarinya, kamu, teman2 kmu dan kita semuanya hanya bisa membahu dan mendoakan yang terbaik buat Anita. dan tidak mengulang kesalahan yang sama. semoga Anita cepat sembuh agar selalu memberikan senyum manisnya tuk kitasemua dan semoga dia juga selalu dalam lindungan Tuhan. Amin…

  8. yah… namanya cobaan gimana pun harus kita syukuri dan selalu ambil pelajarannya….
    saya juga penderita kanker otak stadium 3….
    awalnya perubahan sifat itu memang ada, dlu ketika q mengetahui sakit apa yg q derita
    seakan2 hidup itu tidak berguna lagi mau berbuat apapun pasti kita berfikirnya buat apa lagi,bukankah akhirnya kita juga bakalan MATI???,
    kadang diriku merasa kesepian tidak mempunya teman,
    namun dirku salah…. ternyata TUHAN masih sayang dengan diriku,,,
    ternyata orang2 disampingq masih mencintaiku,,,
    sekarang rasa keinginan hidup itu masih selalu ada ….
    semoga ALLOH MELINDUNGI KITA SEMUA…AMIEN

  9. .cErita U mngingatkn Q pda maza SMP Q ..

    .ampiirr cammaa m crittaa U ….

    .jdi gini, dLu kami pX tmen cbut cJ dia MeLati ….

    .1 cLazt kami ngga da iank cuka m dy. d cLazt dy nggak pX tmen ….

    .wk2 i2 dy jJ kadang ngga mcuukk cKooLt krn ktX ckiiddtt pii kamii berpkiran negatiV tntaangg haL i2 ….

    .Lu2z SMP dy Lnjut d Luar Kota.

    .pii barruu ckitaarr 2 bLann Lu2zz SMP(wk2 i2 nuLan Puasa) kamii dpeeddtt kabbaarr LoUw dy udahh mninggaaL kRn Penyakiitt LeUkumia ….

    .cungguhh aQ bgaikn d tampar mLamm i2 ..

    .cmuaa razaa bercLahh mnyeLimutii pkiran Q ..

    .aP Lagii wk2 i2 jazsat.a nggaa bczaa d kriimm k kampuungg kamii nee ….

    .So,kamii ngga bczaa Liaatt dy untuukk terakhiirr kaLii.a ..

    .bhkaann wk2 mW Lu2s aQ cdaahh Luppa kpaann terakhiirr kaLii aQ ktemuu dy ….

  10. maaaf y ikut coment, saya salah satu penderita stadium awal, sebelum lebih para lagi ap yang seharusnya saya lakukan y,,,,,,,,,,, mungkin ada dari temen-temen punya obat tradisionalnya, karena aku tdak ma tergantung dengan obat dari dokter…
    aku ikut prihatin y atas cobaan yang menimpa teman anda…………
    tapi satu yang harus tegas dalam diri, bahwa allah tidak pernah mamberikan cobaan kepada hambanya diluar batas kemampuan hambanya.
    inna ma’al ‘usri yusra, fa idza raragta fanshab……….

  11. gw pun sekarang jd bingung dan ga tw harus berbuat apa??
    gw punya ade2′an(cewek)..walaupun baru kenal tp dy asik bwt gw..dan gw pun sering maen ma dy..
    tp,..
    tiba2 sata qt lagi b2 di warnet dia menanyakan ke gw.:
    + : “menurut lu gw gmna?”
    - : “gmna apanya?”
    + : “tampang gw kaya org sakit ga?”
    gw pegang keningnya, tanganya, sampe gw peluk!!
    - : “ga kayanya..”
    dy pun langsung tersenyum dan memeluk gw..
    sebenernya gw penasaran knp dy tanya gt..tp gw ga terlalu mamikirkannya.,
    ga lama qt pun pulang dari warnet..
    pas gw sampe di rumah dy menyakan lagi.. :
    + : “gw ga sakit kan kak?”
    - : “ga qo ”
    + : “berarti dokter itu boong!!”
    - : “boong apaan sich?”
    + : ” dokter bilang klo q sakit kanker otak stadium 1!!!”
    gw pun langsung kaget bgt…gw bingung, gw khawatir, andai saja gw tau cara mengobatinya..gw kan lakukan apa pun!! walaupun dy hanya sekedar ade2′an gw doank..

  12. Pingback: 2010 in review « Rny1813′s Weblog

  13. sekarang aq ngalamin hal yg sama ma qm………..
    sedih bgt, smalem shabat aq nlpon n dia cerita masalh penyakitnya ‘brain cancer’
    aq takut bgt kehilangan sahabat seperti dia T_T

  14. yah,.
    aku tau rasanya kalo sahabat kita kena penyakit seperti itu.
    rasanya campur aduk, gak percaya, yang sedih lah, yang bingung lah.
    rasanya pengen nangis aja kalo lagi ketemu dia.

    tapi kalo aku nangis didepan dia aku malu.
    dia aja masih punya semangat, kenapa aku yang malah gak semangat.

    LOVE YOU FRIEND

  15. Q jga penderita kanker otak stadium 2
    ortu q gx tau….
    cuma 2 orang yg tau….
    dokter yg memeriksa q… n’ pacar q….
    tp… cwo q pun sekarang semakin menjauh….
    n’ q gx tw hruz brkeluh kesah ma siapa ge…
    q sedih bgtz…
    saat q begini… tax da yg memberi q semangat.

    • yg sabar yaa…aq turut prihatin,aq jg pnya tmen skligus seseorg yg aq sayang..hrus jg mnderita pnyakit yg sama,aq sedih jg bingung harus gmna..selain support sllu bwt dia..i love him..aq g mw kehilangan dia..

    • Waduhh,. Maaf yah,. klo untuk itu sy juga krg mengerti mungkin bs nyari di bang google atau lgsg konsul ke dokter aja :)

  16. T_T Sedih banget, Saya adalah anak dari kelarga broken home , Saya tinggal dengan ibu saya , Ibu saya adalah seorang dokter , saya selalu mengatakan padanya soal gejala-gejala yang selalu saya alami , Suatu hari beliau berkata gejala yang saya alami adalah gejala kanker otak :(
    beberapa faktor karena Stress berat ..
    .
    .
    Saya berharap bisa menghindarinya dan mencegahnya :(
    apalagi saya masih muda..
    Untuk Anita yang tabah yah ..
    :’)

  17. Pingback: Awkward « This's me, This's real!!

  18. Pingback: This is all about anita :) « This's me, This's real!!

  19. sgala sesuatu yg di alami penderita gk ingin orng lain tw N merasa kasihan padany…

    namun percayalah smua yg di lakukan penderita demi kebaikan teman,sahabat N orng yg di kasihi na gk di susahkan krn penyakit nya…

    gw doain smoga penyakit kanker tersebut dapt sembuh dan hilang bagaikan mujizat dri Tuhan,…

  20. Kanker Otak… Aku pun mengalaminya………
    Aku masih bisa bekerja…..
    Aku wanita….
    Ingin nangis, marah, kecewa
    Tapi untuk apa
    Aku sudah ditakdirkan begini…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s